Wawali Dampingi Panitia RTRW Komisi IV DPR-RI Ke Bunaken

  • Berita  
  • 75 view  
  • 0 comments
  • INFOSULUT.COM, Manado - Panitia RTRW Komisi IV DPR-RI, yang dipimpin Drs H Ibnu Multazam, mengunjungi Pulau Bunaken. Kunjungan tersebut didampingi langsung Wakil Walikota Manado Harley AB Mangindaan. Dimana komisi yang membidangi Pertanian, Perkebunan, Kehutanan, Kalautan, Perikanan serta Pangan itu meninjau langsung fisik lokasi atau alih hutan di Pulau Bunaken. 
     
    Lahan Pekuburan Tua di Pulau Bunaken menjadi tujuan awal kunjungan tersebut. Kunjungan ke lokasi pekuburan guna memastikan bahwa kehidupan di Pulau Bunaken, telah jauh lebih dulu ada sebelum lokasi konservasi Taman Nasional Bunaken disahkan.
     
    Ibnu Multazam Cs, secara langsung melihat salah satu makam dari Keluarga Caroles yang meninggal pada tahun 1936. Usai melihat kuburan rombongan kemudian diantar menuju Kantor Kecamatan Bunaken Kepulauan, dengan alunan musik bambu, untuk melakukan dialog bersama warga Pulau Bunaken.
     
    Ai sapaan akrab Mangindaan, mengatakan luas Pulau Bunaken adalah 772 hektar. “Warga tentu mempertanyakan kenapa sekarang tinggal 53 Hekter saja sedangkan sisanya dianggap sebagai hutan lindung?,”ungkap Wawali mempertanyakan keluhan warga di depan para anggota Komisi IV DPR RI.
     
    “Niat baik dari pemerintah pusat tentu akan menjadi sangat bermanfaat bagi warga disini. Lahan yang 53 Hektar semoga akan menjadi lahan produktif bila kita kelola dengan baik. Ini adalah upaya pemerintah untuk menjaga kelestarian lingkungan hidup,”ujar Multazam.
     
    “Kami tidak berniat untuk memindahkan para warga keluar dari Bunaken. Justru kami akan memperkuat, memberi rasa aman dan hak bagi para warga yang tinggal di Pulau Bunaken ini. Salah satu caranya tanah yang sekarang didiami warga kita akan bebaskan dari hutan lindung dan taman nasional. Sehingga para warga bisa mendapat IMB dan sertifikat karena status tanahnya sudah jelas,”tegas Multazam.
     
    Tambah Multazam, warga yang memiliki tanah di kompleks hutan lindung tetap boleh memasuki lahan tersebut tapi tidak boleh membangun dan mengambil kayu di areal hutan lindung tersebut agar kelestarian hutan tetap terjamin.
     
    Pada kesempatan tersebut tim dari Komisi IV DPR RI mempresentasikan titik-titik yang termasuk dalam lahan 53 Hekter yang akan diberikan kepada masyarakat. Usai dari dialog tersebut Wawali mendampingi rombongan menikmati keindahan bawah laut Bunaken dengan menggunakan perahu katamaran.
     
    Selanjutnya rombongan didampingi Wawali kembali ke Manado dan langsung meneruskan perjalanan ke Jakarta. ”Terima Kasih atas kepedulian dan komitmen Pemerintah Kota Manado sehingga terus mengawal aspirasi warga Kota Manado,” ujar Ian Siagian, Anggota Komisi IV DPR RI dihadapan Wawali.
     
    Hadir dalam kegiatan ini Kadis PU Kota Manado, Ir. Ferry Siwi, M.Si, Kadis Tata Kota, Drs. BJ. Mailangkay, Kadis Pertanian, Ir. Philip Sondakh, Camat Bunaken Reynold Takalamingan. S.Sos dan seluruh Lurah di Kecamatan Bunaken Kepulauan.(jay)

    Comments

    Nama  
    Email  
    Komentar  
    Komentar Anda akan muncul setelah disetujui oleh Admin
  • web design by javwebnet