Setelah Dilapor, Brigjen Aris Novel Baswedan Kembali Dilapor Kombes Erwanto Kurniadi

Infosulut.com - Jakarta - Belum juga selesai dengan kasus dugaan pencemaran nama baik atas laporan Direktur Penyidikan KPK Aris Budiman, penyidik senior Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Novel Baswedan kembali dilaporkan oleh Wakil Direktur Tindak Pidana Korupsi Bareskrim Polri Kombes Pol Erwanto Kurniadi atas tuduhan yang sama.

Pria yang juga mantan penyidik KPK itu melaporkan Novel atas dugaan pencemaran nama baik ke Polda Metro Jaya, Selasa, (5/9/2017). Laporan Erwanto diterima polisi dalam laporan bernomor LP/4198/IX/2017/PMJ/Dit. Reskrimsus.
“Ya betul ada laporan dari yang bersangkutan (Erwanto Kurniadi) masuk ke kami,” ujar Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Raden Prabowo Argo Yuwono, Rabu, (6/9/2017).

Laporan Erwanto, lanjut Argo, buntut dari pernyataan Novel yang menyebut penyidik KPK dari kalangan Polri memiliki integritas yang rendah.

“Korban (pelapor-Red) yang pernah ditugaskan di KPK sebagai penyidik merasa bahwa keterangan Novel sangat melukai kehormatan dan merupakan fitnah yang keji terhadap korban dan juga anggota Polri lain yang pernah bertugas di KPK,” tandas Argo.

Diberitakan sebelumnya, Novel dilaporkan oleh Direktur Penyidikan KPK Aris Budiman atas dugaan pencemaran nama baik melalui email dimana Novel menyebut Aris sebagai tidak mempunyai integritas sebagai Dirdik KPK. Novel juga menyebut Aris sebagai Dirdik KPK terburuk sepanjang lembaga antirasuah itu berdiri.

Dalam laporan yang dibuat Aris, polisi menyertakan Pasal 27 KUHP ayat 3 tentang Informasi Transaksi Elektronik dan atau Pasal 310 KUHP tentang Penghinaan dan atau Pasal 311 tentang Pencemaran Nama Baik. Meski laporan Aris telah dinaikkan statusnya ketahap penyidikan namun Novel masih sebagai saksi terlapor.(pkn)
TAG