Duo Perkasa Super Spanyol Barcelona - Real Madrid Siap Berjibaku

Leg pertama El Clasico di Piala Super Spanyol 2017 akan tersaji di Camp Nou, mampukah Barcelona mengambil keuntungan ataukah akan kebalikan?

 Duo Perkasa Super Spanyol Barcelona - Real Madrid Siap Berjibaku
BOLA, Infosulut.com - Kompetisi sepakbola Spanyol musim 2017/18 akan dibuka dengan duel dahsyat sarat sejarah, apalagi jika bukan  El Clasico  yang pertemukan Barcelona dan Real Madrid . Kali ini keduanya dipertemukan di ajang Piala Super Spanyol 2017, dengan  leg  pertama dilangsungkan di Camp Nou, Senin (14/8) dini hari WIB.

Menilik sejarah, ini jadi  El Clasico  edisi ke-234. Dari jumlah tersebut 12 di antaranya terjadi di ajang Piala Super Spanyol. Madrid unggul dengan raih enam kemenangan, berbanding empat milik Barca. Namun tentu saja rekor tersebut tak bisa menjustifikasi apa yang bakal terjadi dalam bentrok ini.  El Clasico  selalu kompetitif dan sulit ditebak. 

Melihat situasi terkini, Barca bisa dibilang tak dalam kondisi yang lebih baik dibanding Madrid. Meski jalani pramusim dengan baik, mereka baru saja ditinggal salah satu bintang utamanya, Neymar, ke Paris Saint-Germain. Ketidakhadiran  The Golden Boy  jelas bakal hadirkan pengaruh signifikan pada kreativitas dan ketajaman lini serang  Blaugrana.

Terlebih Barca juga ditangani pelatih baru, Ernesto Valverde, yang akan jalani debut resminya di partai sebesar ini. Walau begitu sang juru taktik menolak khawatir dengan kepergian Neymar dan statusnya. " El Clasico  adalah partai impian semua pelatih. Menakjubkan bisa menjalani debut resmi di laga sebesar ini, tapi saya menyambutnya dengan sangat antusias. Neymar? Mari lupakan dia, karena kami masih punya pemain yang sangat kompetitif di lini depan," ujar Valverde, seperti dikutip  Marca.

Formasi andalan 4-3-3 dipercaya akan diturunkan Valverde. Gerard Deulofeu jadi favorit mengisi posisi Neymar, untuk dampingi Lionel Messi dan Luis Suarez di lini depan. Sementara Aleix Vidal yang punya kreativitas dan pengalaman lebih, diyakini mengisi pos bek kanan alih-alih Nelson Semedo.

Madrid sendiri tengah berada dalam kondisi mental yang sedikit lebih baik dari Barca, meski sempat jalani pramusim yang buruk. Mereka sukses pertahankan semua pemain pentingnya di bursa musim panas ini, kembali dibela Cristiano Ronaldo yang sudahi masa liburan, dan baru saja jadi kampiun Piala Super Eropa 2017. Selain itu sang pelatih, Zinedine Zidane, baru memperpanjang masa baktinya hingga 2020.

Apalagi dengan status Madrid di Piala Super Spanyol ini, sebagai juara bertahan La Liga. Los Blancos  pasti enggan dipermalukan oleh kampiun Copa del Rey, sekalipun musuhnya adalah Barca. Mereka   juga tentu ingin dekati perolehan gelar Piala Super Spanyol sang rival, yang kini terpaut tiga trofi jauhnya.

Tak heran jika Zidane begitu percaya diri timnya sanggup raih Piala Super Spanyol, dengan mengawalinya lewat hasil bagus di Camp Nou. "Target objektif kami adalah memenangkan semua gelar, termasuk Piala Super Spanyol. Ini akan berat, karena lawan yang kami hadapi adalah Barcelona. Kami wajib memetik hasil bagus di kedua pertemuan, meski saya lebih suka jika itu dilakukan dalam satu laga. Namun saya selalu yakin dengan kemampuan para pemain, untuk meraih hasil yang maksimal," tuturnya, seperti dikutip  AS.

Formasi serupa 4-3-3 yang memang jadi senjata lama Zidane, bakal kembali diturunkan. Komposisinya takkan jauh berbeda dari Piala Super Eropa 2017 lalu. Perubahan tentu akan terjadi di lini depan, dengan Cristiano Ronaldo yang sudah siap jadi  starter.  Sementara itu Isco bisa jadi nama kejutan untuk dampingi Ronaldo dan Karim Benzema, alih-alih Gareth Bale.

Bentrok diyakini akan berjalan ketat dan dengan tempo tinggi khas  El Clasico.  Barca dipandang bakal lebih menguasai jalannya laga dan percaya diri lantaran bermain di hadapan pendukungnya, tapi Madrid siap membunuh lewat serangan balik ketika celah terbuka.

Prakiraan Formasi:

Barcelona (4-3-3):  Ter Stegen; Aleix Vidal, Umtiti, Gerard Pique, Jordi Alba; Ivan Rakitic, Busquets, Andres Iniesta; Deulofeu, Luis Suarez, Lionel Messi.

Real Madrid (4-3-3):  Keylor Navas; Dani Carvajal, Varane, Sergio Ramos, Marcelo; Toni Kroos, Casemiro, Isco, Gareth Bale, Karim Benzema, Cristiano Ronaldo.

Prediksi Goal Indonesia: Barcelona 2-1 Real Madrid

TAHUKAH ANDA

Duel  El Clasico  sudah terjadi sebanyak 12 kali di ajang Piala Super Spanyol. Madrid unggul dengan enam kemenangan berbanding empat kemenangan milik Barca.

Bentrok ini jadi  El Clasico  ke-234 sepanjang sejarah di kompetisi resmi. Madrid unggul tipis lewat koleksi 93 kemenangan, terpaut dua dari milik Barca.

Bintang utama Barca, Lionel Messi, merupakan top skor sepanjang masa  El Clasico  lewat lesatan 24 gol. Bintang utama Madrid, Cristiano Ronaldo, ada di posisi ketiga dengan 16 gol.

Ini akan menjadi  El Clasico  perdana pelatih baru Barca, Ernesto Valverde. Sementara buat pelatih Madrid, Zinedine Zidane, ini menjadi  El Clasico  ketiganya.

Barca jadi klub yang paling sering dihadapi dan memberi kekalahan bagi bintang Madrid, Ronaldo. Bertemu sebanyak 30 kali,  CR7  kalah 14 kali.

Senada dengan Ronaldo, Madrid jadi tim yang paling sering ditemui dan memberi kekalahan untuk bintang utama Barca, Lionel Messi. Bedanya  La Pulga  hanya telah 10 kekalahan, dari 34 kali pertemuan. (Redaksi)
TAG